09 Februari 2009

Duh, Nervous Deh... Gimana Cara Mengatasinya?

. 09 Februari 2009

Deg..Deg..Deg..
Gawat, besok aq jadi MC acara sekolah untuk pertama kali nih! Duh, grogi banget cing! Gimana kalo aq malah ga bisa bicara? Atau salah ngomong? Bisa-bisa di timpuk sendal sama penonton... Duh, cara biar kita ga grogi dalam menjalankan sesuatu gimana yaa??



Nervous, atau bahasa inggrisnya grogi, wajar aja menjangkiti kita-kita bila melakukan sesuatu yang baru atau pertama kali mencoba. Bukan itu aja, nervous ternyata masih sering menghinggapi orang-orang yang udah berpengalaman. So, nervous ga cuma terjadi karena kurang pengalaman atau juga kurang persiapan, tapi bisa juga karena salah datang! Malah datang ke acara lain.. Hehehe.. Gimana cara menghadapinya? Atau minimal ga bikin kita jadi kaya pengen BAB..Ups..Nih dia:

1. Bukan untuk menang
Kalau kalian tampil untuk tujuan ini, maka mau ga mau kalian tampil dengan target-target tertentu yang secara ga sadar mempengaruhi kalian. Yang tadinya kita seharusnya tampil dengan performance maksimal kikta eh malah jadi tertekan gara-gara target kita. Apalagi kalo ternyata peserta lain terasa lebih jago dari kita... Duh, serasa pengen pulang aja deh, daripada malu-maluin! So, tenang aja dalam menghadapi sesuatu. Ingat, percayalah pada diri kita dan persiapan yang udah kita lakukan, dan targetkanlah yang sesuai dengan kemampuan kita, ga perlu muluk-muluk... Tapi kalo hadiahnya besar, lumayan juga sih... :D

2. Bermain untuk diri sendiri!
Maksudnya? Gini, pernah ga kalian pas lagi di atas panggung trus saat lihat ke arah penonton langsung buyar semuanya? Apalagi di antara penonton ada yang cakep? Hehehe.. Belum lagi kalo kita di tonton sama orang-orang terdekat kita, kita jadi takut salah, dan beneran deh, rasanya pengen ngumpet aja daripada malu-maluin.. Nah, ini dia yang harus kita hilangkan. Dulu aq pernah di ingatkan saat pengen ikut lomba cerdas cermat, anggep aja penonton itu batu dan suara-suara disekitar kalian itu suara rumput yang bergoyang. Halah..
Ingat, kalian bermain untuk diri sendiri! Ga perlu mikir macem-macem tentang penonton...Kalo masalah tanda tangan untuk fans kalian, ntar aja kalo kalian udah turun panggung... :P

3. Kunyah permen karet
Nah, ini saran yang mungkin bagi sebagian orang terasa janggal. Tapi pernah ga kalian liat banyak atlet yang sering ngunyah permen karet? Konon katanya itu bisa membuat kita lebih rileks, lebih berkonsentrasi, dan mengalihkan perhatian...Tapi, kalo jadi MC jangan malah keasyikan makan permen karet dan membuat gelembung gede, bisa-bisa penonton beneran nimpuk sendal!

4. Perbanyak jam terbang
Ini sih udah ga di raguin lagi. Jam terbang atau pengalaman, dapat ditambah melalui kegiatan yang sama atau paling tidak menyinggung sedikitlah. Ada pepatah, sedikit-sedikit menjadi bukit, artinya kita dapat sedikit-sedikit mencari pengalaman dengan hal-hal disekitar kita. Contohnya, bila ngebet jadi MC, coba untuk ga menolak waktu disuruh adzan di masjid (maksud loh?), atau jadi MC sunatan ade kalian. Walaupun sepele, tapi itu bisa jadi bekal lho untuk menghadapi massa yang lebih banyak lagi...

5. Jangan takut kalah
Ya iyalah, jangan takut kalah! Kalian kan udah mempersiapkan diri sebaik mungkin, jadi kenapa harus takut kalah? Kalian kan ga mungkin di marahin pacar, ortu atau kepala sekolah kalau kalah.. Santai aja, soalnya yang namanya kompetisi cuma ada dua kemungkinan, kalo ga kalah ya menang hehehe..

6. Bawa suporter
Yang ini nih, juga lumayan penting. Coba deh kalian rasain pas ada lomba panjat pinang tapi suasana penonton kaya di kuburan? Hehehe. Atau pasti pernah kan dateng ke acara musik dan bintangnya punya penggemar banyak banget? Bisa dipastiin acara bakal rame dan semangat buat terus beraksi jadi makin berkobar... Kalo perlu bawa suporter satu eR-Te, paling-paling kita cuman modal aqua gelas satu karton hehehe... Anggep aja itu doping yang legal...

1 komentar:

ferry andika noviar mengatakan...

haha =))

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
usiamuda.blogspot.com menggunakan template dari o-om.com